Tautan-tautan Akses

Serena Williams Raih Penghargaan 'Olahragawan Tahun Ini'


Petenis AS, Serena Williams menjadi sampul majalah Sports Illustrated tanggal 14 Desember 2015.

Petenis AS, Serena Williams menjadi sampul majalah Sports Illustrated tanggal 14 Desember 2015.

Serena Williams hari Senin (14/12) dinobatkan sebagai olahragawan tahun ini oleh Sport Illustrated, majalah olahraga terkemuka di Amerika Serikat.

Serena Williams (34 tahun) mengabaikan usianya pada tahun 2015, dengan memenangkan 53 pertandingan dan hanya tiga kali kalah. Williams juga meraih juara pada tiga dari empat turnamen tenis grand slam, yaitu Australia Terbuka, Perancis Terbuka, dan Wimbledon. Namun, Williams gagal melengkapi gelar ke-4 turnamen grand slam dalam satu tahun, ketika dia kandas pada semifinal AS Terbuka bulan September lalu.

Selama enam minggu pada musim panas lalu, Williams mencatat rekor pertama dalam sejarah peringkat Asosiasi Tenis Wanita (WTA), yaitu dia meraih begitu banyak angka (point) menjadi petenis no. 1 dunia, bahkan angka yang ia miliki dua kali lebih banyak dibandingkan petenis No 2 dunia. Ini menunjukkan bagaimana Serena Williams mendominasi kejuaraan tennis wanita tahun ini, sehingga prestasi petenis-petenis lainnya tertinggal sangat jauh di bawahnya.

Foto Serena Williams pada sampul majalah Sports Illustrated (SI) pekan ini dibuat berdasarkan inspirasi Williams sendiri, kata redaktur pelaksana SI Christian Stone. Foto sampul SI menunjukkan Williams mengenakan sepatu hak tinggi dan pakaian berenda hitam, duduk di sebuah singgasana emas, dengan satu kaki naik di atas lengan kursi. Christian Stone mengatakan bahwa pose Williams itu "dimaksudkan ... untuk mengekspresikan gagasannya mengenai kewanitaan, kekuatan, dan kekuasaan."

Serena Williams saat bertanding di final Wimbledon di London, 11 Juli 2015 (foto: dok).

Serena Williams saat bertanding di final Wimbledon di London, 11 Juli 2015 (foto: dok).

Stone menambahkan bahwa, Sports Illustrated memberikan penghargaan kepada Williams atas prestasinya yang hebat sepanjang karirnya, termasuk 21 gelar grand slam yang dimilikinya yang hanya terpaut satu dari rekor petenis Jerman, Steffi Graf yang meraih 22 gelar grand slam.

Pengumuman olahragawan tahun ini kepada Serena Williams merupakan perubahan bagi penghargaan SI yang sudah diberikan sejak tahun 1954. Sebelumnya penghargaan SI diberikan dalam dua katagori, yaitu olahragawan pria terbaik dan olahragawan perempuan terbaik, tapi tahun ini hanya ada satu "Olahragawan Tahun Ini".

Penerima penghargaan olahragawan tahun ini versi SI pada tahun-tahun sebelumnya termasuk: Pemain NBA: Bill Russell, Tim Duncan dan LeBron James; Pemain (quarterback) NFL: Tom Brady, Peyton Manning dan Brett Favre; Pemain baseball Cal Ripken Jr. dan Derek Jeter; serta pegolf Jack Nicklaus dan Tiger Woods; dan juga perenang Michael Phelps.

Petenis lainnya yang pernah menerima penghargaan SI ini adalah: Billie Jean King in (tahun 1972), Chris Evert (1976) dan Arthur Ashe (1992).

Penghargaan SI ini didominasi oleh atlet-atlet Amerika. Selama ini, hanya ada lima atlet penerima gelar "Olahragawan Tahun Ini", yang bukan berasal dari Amerika Serikat. [pp]

XS
SM
MD
LG