Tautan-tautan Akses

Serbia Selenggarakan Pilpres Putaran Kedua


Pemimpin Partai Demokrat dan mantan Presiden Boris Tadic dalam suatu jumpa pers di Belgrade, Belgia (6/5).

Pemimpin Partai Demokrat dan mantan Presiden Boris Tadic dalam suatu jumpa pers di Belgrade, Belgia (6/5).

Meskipun meraih peringkat pertama, Presiden Serbia Boris Taldic belum memperoleh cukup suara untuk terpilih kembali dalam pilpres Minggu kemarin.

Tadic dan penantang utamanya Tomislav Nikolic dari Partai Progresif Serbia, meraih kedudukan pertama dan kedua dalam pemilihan presiden hari Minggu (6/5). Mereka berdua memperoleh lebih dari separuh dari hampir empat juta kertas suara yang dicoblos, dan Komisi Pemilu Serbia mengatakan Tadic unggul 13.100 suara atas Nikolic.

Dalam pemilu parlemen, partai nasionalis Nikolic memenangkan 73 kursi, yang melebihi perolehan kursi Partai Demokrat Tadic, yang memenangkan 67 kursi.

Karena partai Sosialis yang beroposisi di Serbia memenangkan 44 kursi, partai yang pernah dipimpin oleh Slobodan Milosevic itu tampaknya memegang kekuatan selebihnya dalam pembicaraan mengenai pembentukan pemerintah baru.

Di Washington, Gedung Putih menyampaikan selamat kepada Serbia atas penyelenggaraan pemilu yang berhasil. Seorang jurubicara mengatakan Amerika Serikat ingin sekali bekerjasama dengan pemimpin politik Serbia, apapun partai yang memimpin pemerintahan negara tersebut nantinya, di saat negara itu berupaya untuk menjadi anggota Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG