Tautan-tautan Akses

Serba Serbi Perayaan Tahun Baru Imlek di San Fransisco


Pertunjukkan barongsai selalu ditampilkan dalam acara hiburan kesenian menyambut Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan di San Fransisco (foto: dok).

Pertunjukkan barongsai selalu ditampilkan dalam acara hiburan kesenian menyambut Tahun Baru Imlek yang diselenggarakan di San Fransisco (foto: dok).

Berbagai acara menyambut Tahun Baru Imlek diselenggarakan di San Fransisco yang menjadi pusat tradisi budaya Tionghoa di Amerika.

Tahun Naga bagi perhitungan almanak Tionghoa semakin dekat. Naga melambangkan mahluk yang paling berkuasa di antara semua zodiak Tiongkok yang disebut shio.

Berbagai acara diselenggarakan di San Fransisco yang menjadi pusat tradisi budaya Tionghoa di Amerika. Acara itu di antaranya adalah lomba lari marathon sepuluh kilometer atau Ten K yang melewati daerah Pecinan untuk memenangkan hadiah Best Dressed Dragon atau berpakaian terbaik gaya naga. Kalau kita ingin acara yang sedikit lebih anggun, bisa menyaksikan konser musik bertema Asia,yang dibawakan oleh orkes Simfoni San Francisco.

Jika kita kebetulan berada di San Fransisco, ada lima cara menyambut tahun naga ini. Pertama, turun ke jalan antara Second Street dan Market Street pada pukul 5:15 sore,tanggal 11 Februari, untuk menonton pawai Tahun Baru Imlek yang ditampilkan oleh maskapai penerbangan Southwest Airlines.

Pawai itu juga menampilkan kelompok-kelompok tari, band dan atraksi lain. Rute yang dilalui adalah jalan Geary dan jalan Post sebelum berakhir di jalan Kearny. Pihak penyelenggara menyarankan, tempat yang paling baik untuk menyaksikan pawai itu adalah di jalan Post.

Peristiwa budaya itu tidak dipungut biaya, tetapi tempat duduk di tempat terbuka bisa dibeli dengan harga 30 dolar. Tahun ini, kelompok-kelompok dari seluruh negara bagian berperan serta kata juru bicara parade Karen Eng. Sebagai acara pembuka, ditampilkan kelompok seni dari Tiongkok. Acara seni ini menelusuri sejarah abad ke-19, semasa imigran Tiongkok memamerkan kebudayaan mereka dengan tradisi pawai Amerika. Tradisi itu termasuk penyediaan peta dan tempat memesan karcis, yang dapat dilakukan di situs www.chineseparade.com.

Kawasan Chinatown di kota San Fransico (foto: dok).

Kawasan Chinatown di kota San Fransico (foto: dok).

Kalau kita naik angkutan umum yang disebut BART, kita bisa turun di stasiun Montgomery atau Powell. Sangat dianjurkan untuk membeli karcis pulang-pergi pada awal perjalanan untuk menghindari antrian panjang pada waktu pulang.

Bunga, buah-buahan, dan permen merupakan hal yang menonjol dalam perayaan Imlek. Pameran bunga, Flower Market Fair, diadakan di Pecinan pada tanggal 14 dan 15 Januari. Acara itu secara resmi dibuka dengan pengguntingan pita di panggung utama di Jalan Washington, sekitar pukul 10:45 pagi. Hiburan kesenian tradisional seperti barongsai dan opera Tiongkok ditampilkan dalam dua hari itu.

Konser Musik Simfoni San Fransisco dan Perayaan Komunitas Tahun Baru Imlek 2012 itu menyajikan musik gabungan dan instrumental musik Timur dan Barat. Konser itu dimulai tanggal 11 Februari pukul 4 sore. Penonton yang datang awal akan disambut dengan seni dan kerajinan tangan, makanan, alat-alat musik Asia, barongsai, tulisan kaligrafi Tiongkok dan sebagainya.

Carolyn Kuan akan memimpin acara ini dan menampilkan permainan piano Concerto Yellow River. Harga karcis masuk untuk acara konser ini 15 dolar sampai 69 dolar dan bisa dibeli online.

Kebun binatang San Fransisco juga merayakan Tahun Baru Imlek pada tanggal 29 Januari dengan acara akrobatik Tiongkok, tari tradisional singa dan tarian daerah, termasuk ketrampilan bermain yoyo dan sebagainya. Ppengunjung kebun binatang bisa melakukan tur sendiri untuk mencari binatang-binatang sesuai dengan zodiak atau shio yang terdapat di dalam almanak Tionghoa. Ya, mereka mempunyai naga, kata Humas kebun binatang, Danny Latham. Naga itu berjenggot, bukan naga yang bisa terbang dan menghembuskan api, namun komodo.

XS
SM
MD
LG