Tautan-tautan Akses

Serangkaian Serangan di Irak, Sedikitnya 14 Tewas


Irak (Foto: dok)

Irak (Foto: dok)

​Serangkaian serangan, termasuk serangan terkoordinasi di sebuah perguruan tinggi swasta Syiah di Baghdad, menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai hampir 50 lainnya di Irak pada hari Minggu.

Serangan dramatis pada perguruan tinggi terjadi di kawasan Ur, Baghdad timur. Seorang pembom bunuh diri dengan sabuk peledak menyerang gerbang utama kampus itu sementara tiga militan menyerang gerbang belakang, menewaskan lima orang dan mencederai lebih 13 lainnya. Pasukan keamanan membunuh semua penyerang.

Para petugas kesehatan mengkonfirmasi angka korban tewas itu, tetapi tidak ada pernyataan resmi pemerintah tentang aksi kekerasan itu.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman itu, tetapi kekerasan diseluruh penjuru Irak terus meningkat karena militan berusaha mengganggu pemerintah Syiah disana menjelang pemilu parlemen pada 30 April.

Kurang dari dua minggu menjelang pemilihan parlemen, Irak sedang berjuang untuk menekan gelombang kekerasan sektarian yang telah melonjak ke tingkat tertinggi sejak negara itu diambang perang saudara pada tahun 2006 dan 2007.

Polisi mengatakan serangan paling banyak menelan korban jiwa terjadi di luar kota Samawah, di mana dua bom mobil meledak secara bersamaan di daerah komersial, menewaskan tujuh warga sipil dan melukai 17 lainnya. Kota Syiah itu terletak 370 kilometer di tenggara Baghdad.

Dalam serangan ketiga, sebuah bom mobil di pusat perdagangan kota Iskandariyah, di selatan Baghdad, menewaskan tiga warga sipil dan melukai 12 lainnya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG