Tautan-tautan Akses

Serangkaian Bom Mobil Guncang Irak, Puluhan Tewas


Warga setempat memeriksa lokasi sekitar meledaknya sepeda motor di dekat sebuah toko senjata di Kirkuk, 290 kilometer dari Baghdad, Irak (19/9).

Warga setempat memeriksa lokasi sekitar meledaknya sepeda motor di dekat sebuah toko senjata di Kirkuk, 290 kilometer dari Baghdad, Irak (19/9).

Pemerintah Irak yang baru menghadapi sebuah eskalasi krisis keamanan sementara pasukannya memerangi militan ISIS, yang telah merebut sebagian dari wilayah utara.

Serangkaian pemboman di Irak menewaskan puluhan orang Jumat (19/9), menyebabkan jalan dipenuhi darah akibat serangkaian serangan yang dilakukan militan Islamis.

Sembilan orang tewas dalam ledakan dekat mesjid di distrik Syiah Karadeh, Baghdad. Sembilan lainnya tewas ketika dua bom mobil meledak di daerah perumahan ibukota.

Korban tewas bertambah, ketika sebuah sepeda motor bermuatan bom meledak di Kirkuk, menewaskan sedikitnya delapan orang.

Serangan ini menyusul sebuah hari berdarah Kamis (18/9), ketika hampir 30 orang tewas dalam pemboman di daerah berpenduduk mayoritas Syiah di ibukota.

Pemerintah Irak yang baru menghadapi sebuah eskalasi krisis keamanan sementara pasukannya memerangi militan ISIS, yang telah merebut sebagian dari wilayah utara. Kelompok yang bermula di Suriah ini merupakan kelompok Suni, dan acapkali menarget Muslim Syiah.

Amerika, dan kini Perancis sedang memerangi ISIS lewat kampanye serangan udara, sementara militer Irak dan pasukan keamanan Kurdi memerangi militan di darat.

XS
SM
MD
LG