Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Pasukan Koalisi Tewaskan Ahli Senjata Kimia ISIS


Peta wilayah Mosul dan Beiji, Irak.

Peta wilayah Mosul dan Beiji, Irak.

Komando Sentral Amerika Serikat, Jumat (30/1), mengidentifikasi korban sebagai Abu Malik, insinyur senjata kimia di bawah pemerintahan Saddam Hussein, sebelum bergabung dengan al-Qaida di Irak pada tahun 2005.

Militer Amerika Serikat mengatakan serangan udara koalisi menewaskan seorang ahli senjata kimia ISIS pekan lalu di dekat kota Mosul, Irak.

Komando Sentral Amerika Serikat, dalam sebuah pernyataan hari Jumat (30/1), mengidentifikasi target itu sebagai Abu Malik. Dikatakan Malik pernah menjadi insinyur senjata kimia di bawah pemerintahan Saddam Hussein, sebelum bergabung dengan al-Qaida di Irak pada tahun 2005.

Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah pasukan Kurdi Irak bertahan dan memukul mundur serangan besar laskar ISIS di provinsi Kirkuk.

Pihak berwenang mengatakan Brigjen Kurdi Shirko Fatih dan sedikitnya lima pejuang Peshmerga Kurdi tewas dalam pertempuran di Kirkuk.

Wartawan Kurdi VOA di kota itu mengatakan militan ISIS melancarkan serangan mereka dari beberapa daerah di barat dan barat daya kota itu Kamis malam, sebelum pasukan keamanan merebut kembali beberapa wilayah pada hari Jumat.

XS
SM
MD
LG