Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Tewaskan Pemimpin Taliban Pakistan


Serangan pesawat tak berawak NATO pekan ini berhasil menewaskan Maulawi Dadullah, seorang pimpinan Taliban-Pakistan (foto: Dok).

Serangan pesawat tak berawak NATO pekan ini berhasil menewaskan Maulawi Dadullah, seorang pimpinan Taliban-Pakistan (foto: Dok).

Pemimpin Taliban di Pakistan dilaporkan tewas dalam serangan udara di Afghanistan Timur yang juga menewaskan 12 orang pemberontak.

Pasukan koalisi mengatakan sebuah serangan udara di Afghanistan Timur telah menewaskan pemimpin dari Taliban Pakistan.

Sekutu internasional itu mengatakan operasi Jumat di distrik Shigal, provinsi Kunar menewaskan Maulawi Dadullah dan beberapa orang lainnya. Laporan media mengatakan 12 pemberontak tewas dalam serangan itu.

NATO mengatakan Dadullah, yang juga dikenal sebagai Jamal, bertanggung jawab atas gerakan anggota Taliban dan senjata, serta serangan terhadap pasukan Afghanistan dan koalisi.

Dadullah dilaporkan menggantikan Maulvi Faqir Mohamad tahun lalu sebagai pemimpin Taliban di daerah Bajaur, Pakistan, dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Sementara itu, sumber-sumber Pakistan dan militan mengatakan serangan pesawat tak berawak Amerika minggu ini berhasil menewaskan Badrudin Haqqani, seorang panglima dari jaringan teroris Haqqani di Pakistan barat laut. Pejabat Amerika dan Pakistan belum memberi konfirmasi tentang hal ini.

Jaringan Haqqani punya kaitan baik dengan al-Qaida maupun Taliban. Kelompok militan ini dituduh melakukan sejumlah serangan terhadap pasukan Amerika di Afghanistan.
XS
SM
MD
LG