Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Suriah Tewaskan 16 di Desa Kurdi


Pesawat jet tempur Suriah terbang di dekat ibukota Damaskus (foto: dok). Serangan udara Suriah menewaskan 16 orang Minggu (14/4).

Pesawat jet tempur Suriah terbang di dekat ibukota Damaskus (foto: dok). Serangan udara Suriah menewaskan 16 orang Minggu (14/4).

Kelompok HAM yang berbasis di Inggris menyatakan serangan udara Suriah itu menarget desa Hadad di provinsi Hassakeh, di bagian timur laut.

Para aktivis hak asasi Suriah menyatakan pasukan pemerintah telah menewaskan 16 orang dalam serangan udara terhadap sebuah desa Kurdi dan menghancurkan menara sebuah masjid bersejarah yang membantu mengawali gerakan pemberontak Suriah yang telah berlangsung dua tahun.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris menyatakan serangan udara pemerintah menarget desa Hadad di provinsi Hassakeh, di bagian timur laut yang didominasi pemberontak. Disebutkan bahwa beberapa perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban tewas dalam serangan hari Minggu itu.

Para aktivis juga mengunggah video di YouTube yang memperlihatkan runtuhnya menara masjid Omari yang sudah berumur lebih dari 1.000 tahun di kota Daraa, Suriah Selatan, tampaknya akibat bombardemen pasukan pemerintah.

Para aktivis menuduh pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad melakukan serangan biadab terhadap masjid, yang diperkirakan berusia lebih dari seribu tahun.

Masjid ini juga menjadi tempat berkumpulnya para aktivis oposisi yang pertama-tama melancarkan protes damai menentang pemerintah otokratis Assad di Daraa pada Maret 2011.
XS
SM
MD
LG