Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Pakistan Tewaskan 25 Militan


Militer Pakistan ketika mempersiapkan serangan terhadap sasaran militan di Waziristan utara (foto: dok).

Militer Pakistan ketika mempersiapkan serangan terhadap sasaran militan di Waziristan utara (foto: dok).

Serangan pesawat-pesawat tempur Pakistan di dekat perbatasan dengan Afghanistan menewaskan sedikitnya 25 militan hari Kamis (1/10).

Militer Pakistan mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempurnya membom sasaran-sasaran yang diduga menjadi tempat persembunyian militan di dekat perbatasan dengan Afghanistan Kamis (1/10) pagi, menewaskan sedikitnya 25 teroris.

Sebuah pernyataan resmi mengatakan serangan udara itu terjadi di daerah Datta Khel di Waziristan utara, yang dianggap sebagai kubu militan terkait Taliban dan jaringan pemberontak Haqqani yang terlibat dalam serangan-serangan mematikan di Afghanistan.

Ketika berpidato dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York hari Rabu, Perdana Menteri Nawaz Sharif menegaskan kembali tekad Pakistan untuk mengenyahkan teroris dari wilayahnya.

Dia mengatakan bahwa yang ofensif kontra-militansi yang dijuluki Zarb-e-Azb yang sedang berlangsung, di Waziristan Utara dan tempat-tempat lain di negara itu akan terus berlangsung sampai mencapai tujuannya.

Serangan militer itu dilancarkan pada bulan Juni 2014 dan para pejabat mengatakan sejauh ini telah menewaskan lebih dari 3.500 militan, termasuk warga asing sementara di pihak pemerintah, hampir 400 tentara juga tewas.

Menurut para pejabat Pakistan, serangan itu telah menurunkan hingga 70 persen serangan teroris di negara tersebut. [lt]

XS
SM
MD
LG