Tautan-tautan Akses

Serangan Udara NATO Tewaskan Pemimpin Militan Terkait Serangan Hotel di Kabul


Jalaluddin Haqqani, pemimpin utama jaringan militan Haqqani di Afghanistan. Seorang pemimpin Haqqani lainnya, Ismail Jan dilaporkan tewas dalam serangan NATO.

Jalaluddin Haqqani, pemimpin utama jaringan militan Haqqani di Afghanistan. Seorang pemimpin Haqqani lainnya, Ismail Jan dilaporkan tewas dalam serangan NATO.

NATO mengatakan Ismail Jan dan beberapa pejuang jaringan Haqqani tewas dalam serangan udara di provinsi Paktiya dekat perbatasan Pakistan.

NATO mengatakan pasukannya menewaskan pemimpin tertinggi jaringan Haqqani di Afghanistan yang dicurigai membantu para militan yang menyerang sebuah hotel di Kabul Selasa malam.

Dalam pernyataan hari Kamis, NATO mengatakan pasukannya menewaskan Ismail Jan dan beberapa pejuang Haqqani dalam serangan udara di provinsi Paktiya dekat perbatasan Pakistan.

Pernyataan itu mengatakan Jan adalah wakil komandan senior Haqqani di Afghanistan, dan telah memimpin sekelompok pejuang dalam serangan terhadap pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi sejak akhir tahun 2010.

Serangan selama lima jam yang sangat terkoordinasi terhadap Hotel Inter-Continental di Kabul oleh militan bersenjata lengkap berakhir Rabu pagi setelah kesembilan penyerang tewas – baik karena meledakkan diri mereka sendiri maupun terbunuh oleh pasukan Afghanistan dan NATO. Serangan itu menewaskan 11 orang, termasuk sejumlah karyawan hotel, polisi, dan seorang tamu hotel warga Spanyol. Delapan orang lain juga luka-luka.

NATO menuding jaringan Haqqani melakukan serangan itu, yang kata NATO bekerja bersama dengan militan Taliban. Taliban juga telah mengaku bertanggung-jawab.

XS
SM
MD
LG