Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Irak Tewaskan 20 Militan


Militan Irak melakukan patroli di kota Fallujah (foto: dok). Serangan udara Irak menewaskan 20 militan dekat Ramadi dan Fallujah.

Militan Irak melakukan patroli di kota Fallujah (foto: dok). Serangan udara Irak menewaskan 20 militan dekat Ramadi dan Fallujah.

Pemerintah Irak hari Selasa (7/1) merilis video sebuah serangan udara yang menewaskan 20 militan dekat kota Ramadi dan Fallujah.

Pemerintah Irak telah merilis video dari sebuah serangan udara, katanya serangan ini berhasil menewaskan 20 militan dekat kota Ramadi dan Fallujah di provinsi Anbar yang didominasi warga Suni.

Pejabat militer Irak Mohamad al-Askari memberitahu Associated Press bahwa serangan udara Selasa menyasarkan operasi al-Qaida di pusat Ramadi. Serangan ini dilakukan ketika militan al-Qaida memmperkuat pertahanannya di Ramadi dan Fallujah yang mereka rebut minggu lalu.

Pemerintah memperingatkan sebuah serangan terhadap militan di Fallujah, yang menyebabkan puluhan keluarga melarikan diri dan tidak mempedulikan seruan Perdana Menteri Nuri al-Maliki agar penduduk “mengusir” militan supaya serangan militer itu tidak usah dilakukan.

Maliki, seorang Shiah, yang pemerintahannya hanya punya sedikit dukungan dari warga Suni di Falujah, mengatakan ia memerintahkan pasukan keamanan untuk tidak menyerang daerah perumahan.

Sementara itu sebuah truk yang dimuati bahan peledak telah menyeruduk ke dalam kantor polisi di Kirkuk, Irak, menewaskan dua orang dan melukai paling sedikit 40 lainnya.

Serangan Selasa ini merupakan insiden terakhir dalam sebuah gelombang kekerasan hebat yang melanda Irak. Pada Minggu, paling sedikit 34 orang tewas di Ramadi dalam pertempuran sengit antara pasukan keamanan Irak dan militan Islamis terkait al-Qaida.
.
XS
SM
MD
LG