Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Dekat Aleppo Tewaskan Pemimpin Pemberontak Suriah


Peta wilayah Aleppo, Suriah (Foto: dok).

Peta wilayah Aleppo, Suriah (Foto: dok).

Abu Omar Saraqeb, yang juga dikenal dengan nama Abu Hajer al-Homsi, tewas dalam serangan udara di pedesaan Aleppo, yang menurut pemberontak kemungkinan dilakukan oleh jet tempur AS, meskipun asal negara jet itu belum secara resmi diumumkan.

Seorang anggota kelompok pemberontak Fatah al-Sham berpangkat tinggi di Suriah sudah meninggal, kata sumber pemberontak, setelah jet tempur membom pertemuan para pemimpin kelompok itu di dekat Aleppo.

Abu Omar Saraqeb, yang juga dikenal dengan nama Abu Hajer al-Homsi, tewas dalam serangan udara di pedesaan Aleppo, yang menurut pemberontak kemungkinan dilakukan oleh jet tempur Amerika Serikat, meskipun asal negara jet itu belum secara resmi diumumkan.

Kelompok pemberontak, mantan afiliasi al-Qaida itu, mengumumkan "kesyahidan" komandan mereka dalam sebuah pesan di Twitter.

Syrian Observatory for Human Rights mengatakan sebuah pesawat membom pertemuan komandan aliansi Army of Conquest, atau Tentara Penakluk, menewaskan Saraqeb dan komandan aliansi pemberontak lain bernama Abu Muslim al-Shami, namun organisasi HAM itu mengatakan tidak jelas apakah serangan udara dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat, pemerintah Suriah atau pasukan Rusia, yang semuanya telah melakukan serangan bom di daerah itu.

Saraqeb disebut salah satu anggota terkemuka al-Qaida di Irak. Ia berperang melawan tentara Amerika Serikat selama pendudukan pada tahun 2003 sebelum melakukan perjalanan ke Suriah, di mana ia menjadi komandan penting Fron al-Nusra, yang kemudian menjadi Fatah al-Sham setelah memutuskan hubungan dengan al-Qaida. [as/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG