Tautan-tautan Akses

Amerika Terus Lancarkan Serangan Udara Lawan ISIS di Irak


Peta serangan udara AS dan sekutu-sekutunya di Arab, atas wilayah Suraih yang dikuasai ISIS (Foto: dok).

Peta serangan udara AS dan sekutu-sekutunya di Arab, atas wilayah Suraih yang dikuasai ISIS (Foto: dok).

Komando Pusat Amerika atau CENTCOM mengatakan tiga serangan udara di dekat provinsi Deir el-Zour, Suriah, menghancurkan empat kendaraan lapis baja milik kelompok ISIS, Jumat (26/9).

Jet-jet tempur, pesawat tanpa awak dan pesawat Amerika lainnya terus menggempur target-target kelompok militan ISIS di Irak hari Jumat sementara Inggris, Denmark dan Belgia bergabung dalam koalisi pimpinan Amerika untuk memerangi kelompok itu.

US Central Command menyatakan empat tank dihancurkan di provinsi Deir el-Zour, Suriah, menghancurkan dan merusak satu tank lain milik kelompok militan tersebut.

Kelompok yang memantau perang di Suriah Jumat menyatakan fasilitas minyak tampaknya merupakan target serangan semalam di Deir el-Zour. Syrian Observatory for Human Rights menyatakan sebuah pusat komando ISIS juga digempur.

Di Suriah utara, video yang dipasang di jejaring sosial menunjukkan pejuang Kurdi melancarkan serangan-serangan terhadap sasaran-sasaran ISIS dekat kota Kobani yang selama berhari-hari menjadi pusat pertempuran antara kedua pihak.

Jaringan berita Amerika, CNN menayangkan secara live dari perbatasan di Turki mengenai militan ISIS bergerak melintasi sebuah bukit dekat Kobani sambil terlibat dalam tembak menembak diperkirakan dengan pejuang Kurdistan.

Di Irak, CENTCOM menyatakan tujuh serangan menarget berbagai kendaraan lapis baja, termasuk di antaranya tiga Humvee dan kendaraan sergap antiranjau. CENTCOM mengatakan bahwa beberapa kendaraan dan pos penjagaan lainnya dihantam dalam serangan di dekat Kirkuk, sebelah barat Baghdad, dan di dekat al-Qaim.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel hari Jumat mengatakan bahwa serangan-serangan itu menghambat militan ISIS bergerak bebas. Ia mengatakan lebih dari 200 serangan udara telah dilancarkan di Irak minggu ini dan 43 di Suriah. Ia juga mengatakan telah berbicara dengan menteri pertahanan Inggris dan menyambut baik keputusan Inggris bergabung dengan serangan udara di Irak.

Ketua Gabungan kepala staff Jenderal Martin Dempsey hari Jumat mengatakan serangan militer itu adalah sebuah strategi pertama di Irak tapi bukan satu-satunya strategi di Irak. Ia mengatakan serangan-serangan di Suriah menunjukkan kepada militan ISIS mereka tidak mempunyai tempat berlindung.

Dalam perkembangan lainnya, perdana menteri Denmark, Helle Thorning-Schmidt hari Jumat mengumumkan negaranya akan menyediakan tujuh jet tempur F-16 untuk melancarkan serangan-serangan udara di Irak. Belgia menyumbang enam jet F-16.

XS
SM
MD
LG