Tautan-tautan Akses

Serangan Taliban Tutup Rangkaian Kekerasan Hari Rabu di Afghanistan


Warga setempat memeriksa kendaraan yang terbakar pasca serangan bunuh diri di provinsi Ghazni, Afghanistan (29/8).

Warga setempat memeriksa kendaraan yang terbakar pasca serangan bunuh diri di provinsi Ghazni, Afghanistan (29/8).

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan 15 polisi tewas di Afghanistan barat dalam serangan Taliban, Rabu malam (28/8).

Seorang pejabat lokal di Provinsi Farah mengatakan serangan terbaru Taliban terjadi Rabu malam, di saat konvoi polisi tengah berpatroli di di jalan raya utama di wilayah itu. 10 petugas polisi lainnya dilaporkan terluka dalam serangan itu.

Sebelumnya, hari Rabu, serangan gerilyawan di seantero Afghanistan menewaskan setidaknya 18 orang, termasuk seorang tentara Amerika, empat polisi dan tiga warga sipil dalam serangan terhadap pangkalan militer bersama NATO-Afghanistan.

Pihak berwenang mengatakan setidaknya 10 tentara Polandia luka-luka dalam serangan di Propinsi Ghazni, Afghanistan Timur, ketika sekitar 10 gerilyawan mencoba menyerbu pangkalan itu setelah meledakkan bom mobil di pintu masuk pangkalan. Kementerian Pertahanan Polandia kemudian mengatakan 10 gerilyawan tewas dalam tembak-menembak selama beberapa jam setelah ledakan itu.

Taliban mengklaim bertanggungjawab atas peristiwa tersebut.

Rabu pagi, pembom bunuh diri menggunakan mobil menyerang konvoi koalisi di Lashkar Gah, ibukota propinsi Helmand di Afghanistan selatan. Ledakan itu menewaskan empat warga sipil dan melukai 15 lainnya.

Dan secara terpisah, pihak berwenang mengatakan enam sopir berkewarganegaraan Afghanistan tewas dan 10 lainnya luka-luka di Propinsi Farah, Afghanistan Barat, ketika roket menghantam truk-truk berisi pasokan BBM untuk pasukan koalisi. Hantaman roket itu juga menghancurkan 40 truk. Taliban juga mengklaim bertanggungjawab atas serangan itu.
XS
SM
MD
LG