Tautan-tautan Akses

Serangan Taliban di Sekolah Pakistan Berakhir, 141 Tewas


Petugas keamanan mengamankan murid-murid sekolah di dekat sekolah yang diserang militan Taliban di kota Peshawar, Pakistan (16/12).

Petugas keamanan mengamankan murid-murid sekolah di dekat sekolah yang diserang militan Taliban di kota Peshawar, Pakistan (16/12).

132 dari korban tewas adalah siswa berusia 12 hingga 16 tahun, sementara 9 lainnya adalah guru dan pegawai sekolah di Peshawar, Pakistan.

Insiden pengepungan sebuah sekolah di Pakistan oleh militan Taliban hari Selasa (16/12) telah berakhir dengan tewasnya paling tidak 141 orang, sebagian besar pelajar.

Militan Islam, yang mengenakan seragam militer dan dipasangi bahan peledak, menyerang sekolah yang dijalankan militer itu di kota Peshawar.

Militer Pakistan mengatakan kepada wartawan 132 dari korban tewas adalah siswa berusia 12 hingga 16 tahun serta sembilan pegawai sekolah.

Juru bicara militer Pakistan mengatakan dalam jumpa pers di Peshawar pasukan keamanan menewaskan ketujuh pelaku dan menjinakkan semua bahan peledak dari sekolah itu.

Taliban Pakistan mengaku bertanggungjawab atas pembantaian tersebut. Mereka mengatakan itu adalah pembalasan terhadap ofensif Pakistan yang menarget kubu pemberontak di kawasan kesukuan barat laut negara itu, dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Presiden Mamnoon Hussain dan Perdana Menteri Nawaz Sharif mengutuk serangan itu. PM Sharif datang ke Peshawar hari Selasa dan menyatakan masa berkabung nasional selama tiga hari. Ia juga berjanji melanjutkan operasi militer melawan militan di negaranya.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan “dengan menarget siswa dan guru dalam serangan keji ini, teroris kembali menunjukkan kebejatan mereka.”

XS
SM
MD
LG