Tautan-tautan Akses

Serangan Spam di Dunia Maya Mereda


Serangan spam telah memperlambat koneksi internet global dalam beberapa hari terakhir (foto: ilustrasi).

Serangan spam telah memperlambat koneksi internet global dalam beberapa hari terakhir (foto: ilustrasi).

Kelompok anti spam mengatakan serangan besar dunia maya yang memperlambat berbagai bagian internet dalam beberapa hari ini tampaknya telah berkurang.

Kelompok Spamhaus yang berbasis di London dalam posting situsnya Kamis pagi mengatakan bahwa pihaknya masih melihat beberapa serangan “penolakan layanan” pada server-server komputernya tapi jumlah serangan itu lebih kecil.

Spamhaus dan Cloudflare, perusahaan yang disewanya untuk memerangi serangan-serangan dunia maya, mengatakan serangan itu berawal 18 Maret dan tampaknya berasal dari kelompok yang tidak menyebut nama mereka atau individu yang tidak senang dengan upaya-upaya untuk memblokir email sampah yang disebut spam.

Spamhaus mengatakan belum mengidentifikasi para pelaku serangan itu.

Para teknisi keamanan internet mengatakan serangan itu berasal dari sebuah jaringan ribuan komputer yang terinfeksi virus komputer untuk menjadi bagian dari apa yang kini dikenal sebagai “botnet” yang kemudian digunakan untuk mengirim sejumlah besar data untuk menyerang server-server dalam upaya membuat server-server itu kewalahan.

Spamhaus mengatakan serangan baru-baru ini pada server-servernya merupakan yang terbesar yang pernah dilihatnya dan mengatakan dengan menyerang satu tautan di infrastruktur internet itu botnet ini mampu memperlambat bagian-bagian lain internet.
XS
SM
MD
LG