Tautan-tautan Akses

Serangan NATO Tewaskan 5 Warga Sipil Afghanistan


Sebuah helikopter berangkat dari kamp pasukan NATO di Afghanistan.

Sebuah helikopter berangkat dari kamp pasukan NATO di Afghanistan.

Serangan udara salah sasaran Sabtu pagi itu terjadi di Musa Khel, provinsi Khost, Afghanistan timur.

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan serangan NATO di Afghanistan Timur menewaskan lima warga sipil, termasuk tiga anak.

Para pejabat mengatakan serangan Sabtu pagi itu terjadi di kabupaten Musa Khel, provinsi Khost.

NATO mengatakan pasukan Afghanistan dan internasional melancarkan serangan udara dalam operasi melawan militan Haqqani di sepanjang perbatasan provinsi Khost dan Paktiya. Dikatakan, pasukan internasional mengecek laporan tentang korban sipil dan akan menerima tanggungjawab penuh jika warga sipil terluka akibat tembakan tanpa sengaja.

Korban yang berjatuhan di hari Sabtu itu bertepatan dengan pernyataan Sekjen PBB Ban Ki-moon bahwa kekerasan di Afghanistan makin buruk.

Dalam sebuah laporan, Ban mengatakan jumlah insiden kekerasan dalam tiga bulan pertama tahun ini meningkat secara sigfnifikan dibanding jumlah korban pada periode yang sama tahun 2009.

Laporan itu mengatakan, jumlah korban bom pinggir jalan naik 94 persen, pembunuhan oleh pemberontak mengalami kenaikan 45 persen, sementara serangan bunuh diri meningkat dua kali lipat.

Laporan itu mengatakan sebagian besar kekerasan terjadi di daerah-daerah bagian selatan dan tenggara Afghanistan, dan menunjukkan kemampuan yang meningkat jaringan teroris yang berhubungan dengan al-Qaida.

Militan Taliban telah meningkatkan serangan terhadap pasukan internasional dan warga sipil Afghanistan menjelang operasi NATO untuk mengamankan provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

XS
SM
MD
LG