Tautan-tautan Akses

Serangan Militer di Ukraina Timur, 30 Pemberontak Pro-Rusia Tewas


Peta kota Donestsk, Slovyansk dan Kramatorsk di Ukraina (Foto: dok).

Peta kota Donestsk, Slovyansk dan Kramatorsk di Ukraina (Foto: dok).

Dengan meningkatnya kekerasan di Ukraina, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menawarkan diri menjadi mediator sebelum situasi menciptakan konsekuensi yang sangat besar di luar kendali siapapun.

Menteri Dalam Negeri Ukraina mengatakan 30 pemberontak pro-Rusia tewas dalam serangan militer hari Senin (5/5) untuk menumpas pasukan anti-pemerintah di kota Slovyansk, Ukraina timur.

Arsen Avakov mengatakan Selasa (6/5) bahwa empat tentara pemerintah juga tewas dan 20 lagi terluka dalam pertempuran. Pada hari Senin (5/5), VOA mengukuhkan setidaknya 20 pemberontak pro-Rusia tewas.

Secara terpisah hari Selasa (6/5), pihak berwenang menghentikan penerbangan masuk dan keluar dari pusat industri Donetsk, Ukraina timur. Tidak jelas mengapa penerbangan dihentikan atau berapa lama penghentian tersebut akan tetap berlaku.

Dengan meningkatnya kekerasan di Ukraina, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan kepada Kantor Berita Perancis, ia akan menawarkan diri sebagai mediator sebelum situasi menciptakan konsekuensi yang sangat besar di luar kendali siapapun.

Ukraina menghadapi krisis terburuk dalam beberapa dekade sementara warga bertikai tentang apakah akan melihat ke arah Eropa atau memperbaiki hubungan dengan Rusia. Kaum separatis pro-Rusia mengendalikan sekitar 12 kota di Ukraina timur, dan menuntut hak untuk memilih apakah akan berpisah dengan Ukraina dan bergabung dengan Rusia.

Sebuah referendum serupa di Krimea bulan Maret menyebabkan aneksasi semenanjung Ukraina oleh Rusia dan krisis yang terjadi saat ini.
XS
SM
MD
LG