Tautan-tautan Akses

Serangan Militer AS di Yaman, 13 Militan Tewas


Provinsi Shabwah, Yaman.
Provinsi Shabwah, Yaman.

Serangkaian serangan udara yang menarget afiliasi al-Qaida di Yaman, selama dua pekan terakhir, menewaskan 13 militan dan melukai seorang lainnya.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Komado Pusat Amerika Serikat mengatakan, tiga serangan udara berlangsung di provinsi Sbahwah di Yaman tengah antara tanggal 24 Agustus dan 4 September.

Militer juga mengatakan al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) masih merupakan ancaman terhadap wilayah itu dan Amerika Serikat.

Serangan udara AS dengan menggunakan pesawat-pesawat nirawak terhadap AQAP telah berlangsung selama tujuh tahun. Lebih dari 100 serangan udara telah dilancarkan dan menewaskan sejumlah pemimpin kelompok itu. Namun serangan-serangan itu juga menuai kritik karena menjatuhkan korban di pihak sipil.

Juli lalu, Gedung Putih mengakui sedikitnya 64 warga sipil tewas akibat serangan pesawat tak berawak di Yaman, Pakistan dan Afghanistan sejak 2009, sebuah data yang menurut kelompok-kelompok pengamat HAM lebih rendah dari sesungguhnya.

Presiden Barack Obama ketika itu mengeluarkan sebuah perintah eksekutif yang menyebut korban sipil sebagai konsekuensi tragis dan terkadang sulit dihindari dalam konflik bersenjata. Ia menyerukan perlunya usaha-usaha untuk mengurangi kemungkinan jatuhnya korban sipil. [ab/as]

XS
SM
MD
LG