Tautan-tautan Akses

Serangan Militan di Nigeria Tewaskan Sedikitnya 50 Orang


Korban serangan Boko Haram dirawat di sebuah rumah sakit di Maiduguri, Nigeria, 28 Desember 2015.

Korban serangan Boko Haram dirawat di sebuah rumah sakit di Maiduguri, Nigeria, 28 Desember 2015.

Militan Islam diduga menyerang dua kota di Nigeria utara hari Senin (28/12) dengan beberapa bom bunuh diri, granat, dantembakan, yang menewaskan sedikitnya 50 orang.

Ledakan pertama hari Senin terjadi di sebuah masjid di pinggiran Maiduguri. Para pejabat mengatakan sedikitnya 20 orang tewas dan lebih dari 90 luka-luka tewas dalam serangan itu yang diduga dilakukan oleh militan Boko Haram. Dalam serangan lain di Maiduguri, para pembom bunuh diri meledakkan diri di daerah Buraburin, menewaskan sejumlah orang.

Di kota Madagali, kira-kira 150 kilometer dari Maiduguri, para pejabat mengatakan dua perempuan pembom bunuh diri menewaskan sedikitnya 30 orang dalam dua ledakan di pasar kota tersebut.

Kekerasan ini terjadi satu hari setelah militan Boko Haram melancarkan serangan baru di Maiduguri, memicu pertempuran bersenjata dengan pasukan tentara. Laporan-laporan mengatakan banyak warga sipil terperangkap di tengah pertempuran itu.

Maiduguri adalah tempat terbentuknya kelompok Boko Haram, yang berperang sejak tahun 2009 untuk mendirikan sebuah negara Islam yang ketat di Nigeria utara.

Pekan lalu, Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengatakan negaranya "secara teknis" memenangkan perang melawan Boko Haram, dalam komentar yang dikeluarkan beberapa hari sebelum tenggat waktu yang ditetapkan oleh dirinya sendiri untuk menumpas kelompok militan. [zb/al]

XS
SM
MD
LG