Tautan-tautan Akses

60 Tewas dalam Serangan Militan di Nigeria


Tentara Nigeria melakukan patroli di kubu militan Boko Haram di Nigeria utara (foto: dok).

Tentara Nigeria melakukan patroli di kubu militan Boko Haram di Nigeria utara (foto: dok).

Para saksi mata mengatakan puluhan orang tewas setelah kawanan yang diduga militan Boko Haram menyerang dua desa di Nigeria timur laut, Minggu (26/1) malam.

Seorang wartawan lokal mengatakan kepada VOA lebih 40 orang tewas dan 25 lainnya cedera setelah para militan hari Minggu (26/1) malam menyerang desa Kawori di negara bagian Borno. Militan membakar rumah-rumah, sebuah pasar dan tempat-tempat ibadah di desa itu.

Dalam serangan lain, kawanan bersenjata Minggu pagi melepaskan tembakan ke sebuah gereja di Chakawa, negara bagian Adamawa. Wartawan lokal mengatakan kepada VOA dua polisi dan 18 warga sipil tewas.

Borno dan Adamawa adalah dua dari tiga negara bagian yang dinyatakan dalam keadaan darurat oleh Presiden Nigeria Goodluck Jonathan bulan Mei lalu sebagai bagian dari upaya memerangi Boko Haram.

Kelompok militan Islamis itu dituduh menewaskan ribuan orang sejak melancarkan oposisi terhadap pemerintah tahun 2009.

Presiden Jonathan minggu lalu mengganti menteri pertahanan serta kepala staf angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara negara itu. Ia tidak mengungkapkan alasan apapun, tetapi angkatan darat Nigeria selama ini kesulitan menghentikan serangan Boko Haram.
XS
SM
MD
LG