Tautan-tautan Akses

Serangan Kawanan Bersenjata Tewaskan Wartawan Somalia


Direktur stasiun radio "Shabelle" Hassan Osman Abdi yang tewas ditembak kawanan bersenjata (foto: dokumentasi tahun 2010).

Direktur stasiun radio "Shabelle" Hassan Osman Abdi yang tewas ditembak kawanan bersenjata (foto: dokumentasi tahun 2010).

Direktur stasiun radio independen Somalia, pria 29 tahun, tewas diserang oleh orang-orang bersenjata yang mengenakan topeng.

Para saksi dan produser Radio Shabelle di Ibukota Mogadishu mengatakan, Hassan Oman Abdi yang berusia 29 tahun ketika pulang dari gedung stasiun radio tersebut Sabtu malam ditembak mati oleh para penyerang yang menggunakan pistol.

Reporter VOA di Mogadishu Hassan Kaafi Qosyte mengatakan, Abdi yang juga terkenal dengan nama panggilan Hassan Fantastic sedang masuk ke dalam rumahnya ketika diserang.

Sebuah pernyataan dari organisasi National Union of Somali Journalists atau NUSOJ mengutuk serangan itu dan mengatakan, Abdi telah dibuntuti ketika pulang ke rumahnya oleh lima laki-laki dalam mobil sedan, yang menembaknya lima kali.

Katanya, Abdi meninggal akibat luka-luka di kepala dan dada ketika dia diangkut ke rumah sakit.

Belum ada yang segera mengaku bertanggung jawab melakukan tindakan itu.

Abdi seorang ayah tiga anak, telah bekerja di Radio Shabelle tiga tahun.

NUSOJ mengutip rekan-rekan Abdi mengatakan, mereka yakin pembunuhan terhadap Abdi itu terkait dengan perannya dalam melaporkan krisis politik di Somalia dan mengenai masalah korupsi.

XS
SM
MD
LG