Tautan-tautan Akses

Serangan Granat Tewaskan 11 Orang di Bioskop Pakistan


Pakistan

Pakistan

Pejabat Pakistan mengatakan sekurangnya 11 orang tewas setelah penyerang melemparkan sejumlah granat ke kerumunan penonton bioskop di kota Peshawar.

Saksi-saksi mata dan polisi di kota Peshawar mengatakan lebih 100 orang sedang menonton sebuah film lokal berbahasa Pashto ketika ledakan mengguncang lobi bioskop Shama.

Tim SAR dan para saksi mata mengatakan sebagian besar korban tewas seketika, sementara beberapa cedera parah. Kapolda Ijaz Khan mengatakan kepada para wartawan sejumlah penyerang tak dikenal melemparkan tiga granat buatan China berturut-turut ke tiga bagian lobi yang dipadati orang itu.

Bioskop itu dikenal sering memutar film-film porno. Ini adalah serangan kedua di Peshawar dalam dua minggu ini yang menarget bioskop.

Peshawar adalah ibukota propinsi Khyber Pakhtunkwa yang resah dan berdekatan dengan kawasan kesukuan yang bergejolak dan menjadi pangkalan Taliban Pakistan.

Kelompok militan itu melakukan pemberontakan di negara itu, tetapi aksi kekerasan terbaru itu terjadi selagi pemerintah Pakistan memulai proses perdamaian dengan Taliban guna mengakhiri pertempuran yang telah menewaskan ribuan orang dalam beberapa tahun ini.

Beberapa jam sebelum serangan itu, Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Asif berbicara dalam rapat di Islamabad dan memperingatkan para militan agar tidak melakukan tindakan yang bisa melemahkan proses perdamaian.

“Proses rekonsiliasi telah dimulai di Pakistan, tetapi satu syarat paling mendasar adalah kedua pihak harus berkomitmen kuat dan tulus untuk menyelesaikan masalah lewat negosiasi. Proses sedang berjalan dan kita semua berharap ini akan sukses, dan akan ada perdamaian dan ketenangan di daerah-daerah kesukuan dan perbatasan kita,” ujar Asif.

Dalam sebuah pernyataan, jurubicara Taliban Pakistan membantah kelompoknya terlibat dalam serangan Selasa itu.
XS
SM
MD
LG