Tautan-tautan Akses

Serangan Pesawat Tanpa Awak Tewaskan 5 di Pakistan


Serangan pesawat tanpa awak AS menewaskan sedikitnya lima militan di Pakistan (foto: dok).

Serangan pesawat tanpa awak AS menewaskan sedikitnya lima militan di Pakistan (foto: dok).

Sebuah serangan pesawat tanpa awak Amerika telah menewaskan sedikitnya lima militan di Pakistan baratlaut yang rusuh, Rabu (6/8).

Dua misil menghantam desa Datta Khel di Waziristan Utara, kubu pertahanan para militan yang terkait al-Qaida dan Taliban dekat perbatasan Afghanistan hari Rabu (6/8) menewaskan sedikitnya 5 orang militan.

Bulan lalu, dua serangan di wilayah yang sama menewaskan sedikitnya 26 militan.

Waziristan Utara adalah basis utama para militan setempat dan asing yang diduga menyerang pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan.

Serangan-serangan pesawat tak berawak Amerika adalah sumber serius ketegangan antara Washington dan Islamabad. Pemerintah Pakistan menganggap serangan-serangan itu pelanggaran terhadap kedaulatannya.

Militer Pakistan melancarkan serangan besar terhadap para ekstremis setempat dan asing yang berkubu di kawasan perbatasan bergunung di Waziristan Utara, Juni lalu.

Militer memerintahkan penduduk sipil di wilayah itu untuk mengungsi sebelum melancarkan serangan darat. Sekitar 1 juta orang kini mengungsi di kota-kota Pakistan lain di dekatnya.

XS
SM
MD
LG