Tautan-tautan Akses

Serangan Drone di Pakistan, 15 Tewas


Serangan empat drone di kota Datta Khel di Waziristan Utara, menewaskan sedikitnya 15 orang (Foto: dok).

Serangan empat drone di kota Datta Khel di Waziristan Utara, menewaskan sedikitnya 15 orang (Foto: dok).

Militan Taliban dan al-Qaida menjadikan daerah Waziristan Utara sebagai basis operasi mereka, sementara merencanakan dan melakukan serangan di bagian lain Pakistan.

Para pejabat Pakistan mengatakan sebanyak empat serangan pesawat tak berawak di wilayah kesukuan di Pakistan barat laut telah menewaskan sedikitnya 15 orang.

Pihak berwenang mengatakan serangan itu terjadi di kota Datta Khel di Waziristan Utara, di mana militer melancarkan ofensif besar-besaran awal bulan ini.

Pakistan mengatakan militan Taliban dan al-Qaida menjadikan daerah itu sebagai basis operasi mereka sementara merencanakan dan melakukan serangan di bagian lain negara itu.

Para pejabat Pakistan mengatakan pertempuran itu telah mengakibatkan satu juta orang mengungsi dari rumah mereka dan bahwa upaya sedang dilakukan untuk mendistribusikan bantuan kepada mereka.

Hari Selasa, pasukan Pakistan mengatakan mereka telah menangkap seorang buronan panglima Taliban yang pernah berusaha membunuh mantan presiden Pervez Musharraf.

Angkatan darat mengatakan tentara menangkap Adnan Rashid akhir pekan lalu di Waziristan Selatan, dekat perbatasan Afghanistan. Dia luka-luka dalam baku tembak dengan pasukan Pakistan.

Rashid adalah mantan perwira angkatan udara Pakistan yang dijatuhi hukuman mati karena melakukan serangan bom bunuh diri yang gagal terhadap presiden waktu itu, Musharraf, pada tahun 2003.

Ia melarikan diri dari penjara tahun 2012 dan mengaku telah memainkan peran dalam usaha pembunuhan seorang anak sekolah perempuan Pakistan dan aktivis hak asasi manusia Malala Yousafzai.

XS
SM
MD
LG