Tautan-tautan Akses

Serangan di Seantero Irak Tewaskan 50 Lebih


Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan bom mobil di kota Basra, Irak selatan, Minggu (9/9).

Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan bom mobil di kota Basra, Irak selatan, Minggu (9/9).

Pihak berwenang Irak mengatakan serangkaian serangan di seantero Irak hari Minggu (9/9) menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai 250 orang lainnya.

Serangkaian serangan di seantero Irak menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai hampir 250 lainnya, hari Minggu.

Kekerasan melanda di lebih dari 11 kota dan menarget pasukan keamanan Irak, calon polisi dan pasar. Belum ada yang mengaku bertanggungjawab, tetapi serangan-serangan yang menarget pasukan keamanan merupakan ciri serangan pemberontak di Irak.

Pihak berwenang menyatakan, serangan paling banyak menewaskan korban terjadi di dekat kota Amara, Irak Selatan, di mana ledakan dua bom mobil menewaskan paling sedikit 14 orang.

Sementara itu, sebuah pengadilan di Baghdad menjatuhkan hukuman mati in absentia terhadap wakil presiden Irak yang berasal dari kelompok Sunni. Vonis tersebut besar kemungkinan menyulut ketegangan politik.

Pengadilan menyatakan Tariq al-Hashemi bersalah menjalankan pasukan maut untuk menghadapi pasukan keamanan dan warga Syiah, tuduhan yang dibantah keras oleh wakil presiden Irak itu.

Hashemi melarikan diri dari Irak setelah pihak berwenang pertama kali mengeluarkan tuduhan terhadapnya. Ia kini berada di Turki.
XS
SM
MD
LG