Tautan-tautan Akses

Serangan di Nigeria Tewaskan Sedikitnya 65 Orang


Polisi Nigeria lengkap dengan senjata AK-47 berjaga-jaga di jalan-jalan protokol di Maiduguri, Nigeria (foto: dok).

Polisi Nigeria lengkap dengan senjata AK-47 berjaga-jaga di jalan-jalan protokol di Maiduguri, Nigeria (foto: dok).

Kelompok Sekte Islam Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas serangan di Nigeria dan memperingatkan akan adanya serangan susulan.

Para pelayat di Nigeria timur laut menyiapkan pemakaman bagi puluhan orang yang tewas dalam serangkaian pemboman terkoordinasi dan penembakan yang dilakukan oleh sebuah sekte Islam radikal.

Para pejabat pemberi bantuan mengatakan sedikitnya 65 orang tewas dalam kekerasan hari Jumat yang menargetkan kantor polisi, gereja dan sebuah bank di kota Damaturu, Potiskum, dan Maiduguri.

Kelompok sekte Islam Boko Haram mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan memperingatkan bahwa serangan lainnya akan menyusul.

Juru bicara Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menyatakan kecamannya, mengatakan bahwa serangan tersebut membuatnya harus melewatkan pernikahan saudaranya di negara bagian Bayelsa selatan.

Dalam pernyataannya, Dewan Keamanan PBB mengecam pemboman itu dan menyatakan rasa simpati serta belasungkawanya kepada para korban dan keluarganya. Dewan Keamanan PBB menyerukan negara-negara anggotanya untuk memastikan tindakan yang dilakukan dalam melawan terorisme sesuai dengan HAM internasional, peraturan hukum pengungsi dan kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG