Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Tewaskan 35 di Pakistan Barat Laut


Warga Pakistan berdatangan untuk melihat lokasi ledakan bom truk di kota Jamrud, kawasan suku Khyber, hari Selasa (10/1).
Warga Pakistan berdatangan untuk melihat lokasi ledakan bom truk di kota Jamrud, kawasan suku Khyber, hari Selasa (10/1).

Pihak berwenang mengatakan sebuah bom truk meledak di kota Jamrud, kawasan suku Khyber, hari Selasa (10/1).

Pejabat Pakistan mengatakan serangan bom dekat perbatasan Afghanistan menewaskan sekurangnya 35 orang dan mencederai 60 lainnya dalam serangan paling mematikan di barat laut negara itu selama beberapa bulan terakhir.

Pihak berwenang mengatakan bom dalam truk yang dikendalikan dengan remote control meledak di kawasan suku Khyber, hari Selasa.

Ledakan itu terjadi dekat terminal bis di kota Jamrud, menghancurkan beberapa kendaraan yang berada di dekat pompa bensin.

Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Tapi beberapa pejabat mengatakan serangan itu menargetkan anggota suku Zakhakhel yang membentuk milisi untuk melawan Taliban di kawasan itu.

Sejak tahun 2007, militan Islamis yang sebagian terkait al-Qaida telah melancarkan ratusan serangan bom terhadap anggota milisi pro pemerintah dan pasukan keamanan.

Serangan bom hari Selasa merupakan serangan paling maut di Pakistan barat laut sejak bulan September lalu ketika seorang penyerang bunuh diri menewaskan sekurangnya 31 orang saat pemakaman seorang tetua suku penentang Taliban –Pakistan.

XS
SM
MD
LG