Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Molotov di Mesir, 16 Tewas


Penyelidik Mesir memeriksa lokasi serangan di club madam Kairo, Mesir (4/12).

Penyelidik Mesir memeriksa lokasi serangan di club madam Kairo, Mesir (4/12).

Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan insiden itu dimulai dengan ketidaksepakatan antara staf klub malam dan pihak lain, yang kemudian membom pintu masuk klub itu.

Para pejabat Mesir mengatakan sedikitnya 16 orang tewas Jumat pagi (4/12) setelah serangan bom Molotov terhadap sebuah klub malam di ibukota, Kairo. Motif serangan terhadap restoran dan bar El Sayad yang berada di kawasan Agouza itu belum diketahui.

Para pejabat keamanan menyangkal serangan itu terkait teroris, tapi telah memberikan beberapa pernyataan yang tampaknya bertentangan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan insiden itu dimulai dengan ketidaksepakatan antara staf klub malam dan pihak lain, yang kemudian membom pintu masuk klub itu.

Sebelumnya, kantor berita MENA mengutip seorang pejabat yang mengatakan tiga pria dengan sepeda motor melemparkan bom api ke dalam klub itu dan melarikan diri dari lokasi kejadian.

Seorang pejabat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa penyerang adalah seorang karyawan yang baru-baru ini dipecat. Para pejabat mengatakan sedang memburu para penyerang itu.

Ekstremis Islam telah melancarkan berbagai serangan sejak presiden Islamis Mesir, Mohamed Morsi, digulingkan pada tahun 2013 dan ditahan militer.
Banyak dari serangan itu telah diklaim oleh kelompok militan yang mengaku setia kepada ISIS. Sebagian besar menyasar fasilitas pemerintah.

Serangan, yang sebagian besar telah terjadi di Semenanjung Sinai yang penuh pemberontak itu, telah menghancurkan industri pariwisata yang sangat penting bagi Mesir. [as]

XS
SM
MD
LG