Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil di Pusat Perbelanjaan Thailand Selatan, 7 Luka


Pihak berwajib memeriksa bangkai kendaraan yang dipasangi bom mobil di tempat parkir bawah tanah pusat perbelanjaan di Samui, Thailand (10/4).

Pihak berwajib memeriksa bangkai kendaraan yang dipasangi bom mobil di tempat parkir bawah tanah pusat perbelanjaan di Samui, Thailand (10/4).

Bom rakitan itu disembunyikan di dalam truk terbuka dan meledak di lantai bawah tanah pusat perbelanjaan “Central Festival” yang terletak di Pulau Samui, propinsi Surat Thani, Thailand Selatan.

Sebuah bom mobil meledak di pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi wisatawan asing di Thailand Selatan Jumat malam (10/4), melukai sedikitnya tujuh orang.

Kantor berita Associated Press mengutip Kepala Pencegahan dan Mitigasi Bencana Samuii, Poonsak Sophonpathumrak, mengatakan bahwa bom rakitan itu disembunyikan di dalam truk terbuka dan meledak di lantai bawah tanah pusat perbelanjaan “Central Festival” yang terletak di Pulau Samui, propinsi Surat Thani, Thailand Selatan, tak lama setelah acara peragaan busana.

Ditambahkannya pihak berwenang yakin truk itu dicuri di salah satu propinsi di Thailand Selatan dimana kelompok-kelompok pemberontak Islam berada. Lebih dari lima ribu orang tewas di tiga propinsi di Thailand Selatan itu sejak tahun 2004.

Warga Muslim di ketiga propinsi yang sebelumnya merupakan wilayah kesultanan Islam yang merdeka hingga dianeksasi Thailand pada awal abad ke-20, sudah sejak lama mengeluhkan terjadinya diskriminasi dan kemudian memberontak, diduga untuk meraih otonomi. Namun kelompok militan itu belum pernah menyampaikan pengumuman kepada publik tentang tujuan pemberontakan mereka.

Poonsak mengatakan bom itu menghancurkan sebagian besar truk dan merusak beberapa kendaraan yang diparkir di dekat pusat perbelanjaan, yang terletak beberapa ratus meter dari Patai Chaweng yang terkenal.

Pulau Samui adalah salah satu pulau tujuan wisata yang paling disukai wisatawan lokal dan asing. Hampir tidak pernah ada serangan militan di pulau tersebut sebelumnya.

XS
SM
MD
LG