Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil di Basra, 10 Orang Tewas


Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan bom mobil di Basra, Minggu (17/3).

Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan bom mobil di Basra, Minggu (17/3).

Kota Basra di Irak selatan hari Minggu pagi dilanda serangan bom mobil yang langka, sedikitnya 10 orang tewas dan 16 lainnya luka-luka.

Serangan paling serius terjadi di stasiun bis di kota kecil di pinggiran Basra. Menurut kepala komisi keamanan setempat, Ali al-Maliki, sedikitnya 10 orang tewas dalam serangan.

Sebuah bom mobil meledak beberapa menit sebelumnya di lapangan parkir di tengah kota Basra, dan melukai beberapa orang. Tidak ada orang atau kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas serangan di kota yang penduduk mayoritasnya kelompok Syiah dan biasanya aman itu.

Kelompok afiliasi al-Qaida di Irak mengaku bertanggung-jawab atas serangan terkoordinir atas kementerian kehakiman minggu lalu, dekat Kawasan Hijau yang dijaga ketat di Baghdad.

Serangan bom itu terjadi satu minggu sebelum ulang tahun ke-10 serbuan pimpinan Amerika atas Irak, dan satu bulan sebelum Irak mengadakan pemilihan umum yang pertama dalam tiga tahun terakhir.

Irak telah diguncang bentrokan sektarian sejak lama, karena banyak warga Sunni menuduh perdana menteri Nuri al-Maliki dari kelompok Syiah melakukan tindakan diskriminatif terhadap mereka. Kelompok-kelompok militan Sunni sejak beberapa bulan terakhir telah melancarkan serangan atas berbagai kepentingan Syiah.
XS
SM
MD
LG