Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Hantam 3 Lokasi di Nigeria


Warga Nigeria memeriksa lokasi serangan bom di Maiduguri, negara bagian Borno (foto: dok).

Warga Nigeria memeriksa lokasi serangan bom di Maiduguri, negara bagian Borno (foto: dok).

Serangan bom menghantam tiga lokasi di negara bagian Borno dan Yobe di Nigeria timur laut hari Selasa (17/2).

Serangan bom dilaporkan menghantam tiga lokasi di Nigeria hari Selasa (17/2) di tengah meningkatnya ketegangan menjelang pemilu dan pemberontakan militan Boko Haram.

Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas serangan-serangan itu.

Dalam serangan yang pertama dilaporkan, wartawan VOA mengatakan sejumlah ledakan mengguncang pos militer di Biu di negara bagian Borno. Menurut media setempat, dua penyerang meledakkan diri mereka di gerbang masuk pos tersebut. Suratkabar Vanguard di negara itu mengatakan paling tidak 14 orang tewas, termasuk penyerang.

Tidak jauh dari sana terjadi serangan kedua di kota Potiskum, negara bagian Yobe. Kantor berita Reuters mengatakan seorang penyerang meledakkan dirinya di sebuah restoran, menewaskan dua orang dan mencederai 12 lain.

Boko Haram pernah melancarkan serangan di kedua lokasi tersebut. Dalam usaha membentuk negara Islam, mereka telah menewaskan ribuan orang Nigeria dalam lima tahun ini dan menguasai sejumlah kota dan desa di bagian timurlaut negara itu.

Nigeria dibantu Kamerun, Niger dan Chad dalam upaya menumpas kelompok Islam ekstrem itu. Sebagai balasan, Boko Haram telah melancarkan serangan di ketiga negara lain itu dalam dua minggu ini.

Hari Selasa, komandan Operasi Pasukan Khusus Amerika di Afrika James Linder mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Amerika akan menyediakan peralatan komunikasi dan intelijen dalam upaya gabungan tersebut.

Sementara itu ledakan dan baku tembak pecah di acara kampanye politik partai oposisi APC di kota Okrika. APC akan bersaing dengan partai berkuasa PDP dalam pemilu presiden dan parlemen bulan depan.

XS
SM
MD
LG