Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Bunuh Diri di Sebuah Kafe di Lebanon, 9 Tewas


Tentara Lebanon memeriksa wilayah di sekitar cafe di Jabal Mohsen, Tripoli, menyusul serangan bom bunuh diri di tempat tersebut (10/1).

Tentara Lebanon memeriksa wilayah di sekitar cafe di Jabal Mohsen, Tripoli, menyusul serangan bom bunuh diri di tempat tersebut (10/1).

Para saksi mengatakan, pembom meledakkan dirinya di dalam kafe yang terletak di kawasan permukiman Jabal Mohsen yang banyak dihuni suku Alawiyah.

Pejabat-pejabat Lebanon mengatakan serangan pembom bunuh diri di sebuah kafe di bagian utara kota Tripoli telah menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai 37 lainnya.

Beberapa saksi mata mengatakan dua pembom bunuh diri meledakkan bom yang dibawanya di sebuah kafe yang terletak di pemukiman Alawi di Jabal Mohsen – kota kedua terbesar di Lebanon. Pihak berwenang mengenali kedua pelaku sebagai Taha Samir Al Khayal dan Bilal Mohammad Al Maraiyan, warga di dekat distrik Mankubeen yang umumnya dihuni kelompok Sunni.

Selama puluhan tahun pemukiman itu telah menjadi pusat bentrokan, yang kerap dipanas-panasi oleh perang di Suriah dan tindakan-tindakan Presiden Suriah Bashar Al Assad yang berasal dari kelompok Alawi.

Kelompok Front Nusra yang terkait Al Qaeda mengklaim bertanggungjawab terhadap serangan hari Sabtu (10/1). Kafe itu terletak di jalan yang memisahkan Jabal Mohsen dari distrik Bab Al Tabbaneh yang umumnya dihuni kelompok Sunni.

Selama puluhan tahun, kedua kawasan itu menjadi pusat bentrokan. Kekerasan di kawasan itu kian terbakar oleh perang di Suriah dan tindakan-tindakan yang diambil Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang berasal dari suku Alawiyah.

Departemen Luar Negeri Amerika mengutuk serangan itu dengan mengatakan akan tetap “memberi dukungan kuat” bagi pasukan keamanan Lebanon untuk melawan “ekstrimis-ekstrimis beraliran keras” tersebut.

XS
SM
MD
LG