Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Bunuh Diri di Dekat Konsulat Amerika di Jeddah, Pelaku Tewas

  • Associated Press

Gambar yang diambil dari TV Saudi, penyidik mengumpulkan bukti setelah terjadi bom bunuh diri di Dammam, Arab Saudi tahun 2015 lalu (foto: dok).

Gambar yang diambil dari TV Saudi, penyidik mengumpulkan bukti setelah terjadi bom bunuh diri di Dammam, Arab Saudi tahun 2015 lalu (foto: dok).

Bom bunuh diri meledak tidak jauh dari konsulat AS di Jeddah. Pelaku bom bunuh diri tewas dalam kejadian tersebut.

Seorang pembom bunuh diri melancarkan serangan di dekat kantor konsulat Amerika di Jeddah. Kantor berita Associated Press mengutip situs-situs berita di Arab Saudi mengatakan pelaku serangan tewas dan belum ada laporan tentang korban lain dalam serangan itu. Pembom bunuh diri itu tampaknya mengarahkan mobil yang dikendarainya menuju sebuah mesjid dan rumah sakit yang berada di dekat kantor konsulat Amerika di Jeddah. Sebagian besar staf konsulat dilaporkan telah pindah ke kantor baru di lokasi lain.

Situs berita Sabq melaporkan dua penjaga keamanan luka-luka dalam insiden itu.

Pejabat-pejabat Kedutaan Besar Amerika di Arab Saudi dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi belum bisa dihubungi. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika yang berbicara tanpa menyebut nama karena tidak berwenang memberi keterangan mengatakan pejabat-pejabat Amerika mengetahui tentang ledakan di Jeddadh itu dan sedang bekerjasama dengan pihak Arab Saudi untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.

Serangan ini terjadi hanya beberapa hari sebelum berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Serangan militan terkait Al Qaeda terhadap konsulat Amerika di Jeddah tahun 2014 menewaskan lima staf konsuler dan empat pelaku. Perlawanan selama tiga jam di kompleks yang dijaga ketat itu terjadi di tengah gelombang serangan Al Qaeda yang menarget kantor-kantor Arab Saudi dan perwakilan Barat. [em]

XS
SM
MD
LG