Tautan-tautan Akses

Serangan Besar-Besaran Rezim Assad Timbulkan Krisis Kemanusiaan di Suriah


Orang-orang memeriksa kerusakan akibat serangan udara pasukan pro pemerintah Suriah di kawasan yang dikuasai pemberontak al-Sakhour, Aleppo, Suriah, 5 Februari 2016.

Orang-orang memeriksa kerusakan akibat serangan udara pasukan pro pemerintah Suriah di kawasan yang dikuasai pemberontak al-Sakhour, Aleppo, Suriah, 5 Februari 2016.

Serangan militer Presiden Bashar al-Assad dan laskar dari Iran, Lebanon, Afghanistan dengan dukungan Rusia sedang menimbulkan krisis kemanusiaan dan mengakibatkan ribuan kaum sipil mengungsi ke perbatasan Turki, kata para aktivis politik dan komandan pemberontak.

Serangan yang sangat besar itu mengubah dengan dramatis perimbangan pasukan pemberontak di utara negara itu yang menguntungkan kelompok-kelompok yang terkait al-Qaida dan ISIS, kata mereka.

Sebagian meramalkan kehancuran milisi-milisi yang tidak berbasis agama dan sekuler yang bersekutu dengan Laskar Suriah Bebas (FSA) yang didukung Barat di Suriah utara. “Ini adalah akhir FSA di Suriah utara,” kata Bassam al-Kuwaiti, seorang tokoh yang terkenal di kalangan oposisi politik, kepada VOA.

Ia mengatakan sebagian milisi moderat akan terpaksa bergabung; lainnya tidak mempunyai pilihan lain kecuali bubar sama sekali dan bergabung dengan kelompok pemberontak Islamis Ahrar al-Sham atau memasuki cabang al-Qaida di Suriah, Jabhat al-Nusra.

“Mereka tidak akan mempunyai pilihan lain.” Kata al-Kuwaiti.

Cabang al-Qaida dan Ahrar al-Sham bermitra dalam koalisi yang bernama Jaysh al-Fatah, atau Laskar Penaklukan, dan baru-baru ini telah memperdebatkan dengan resmi penggabungan. Di desa-desa dan kota-kota di sebelah barat-laut dan utara Aleppo, milisi FSA sudah mengandalkan bantuan Ahrar al-Sham dan al-Nusra dalam usaha untuk selamat dari serangan kuat Assad selama seminggu, dimana pesawat-pesawat tempur Rusia melancarkan serangan pemboman 24 jam.

Pasukan rezim Assad telah berhasil merebut rentetan desa-desa yang menguasai jalur logistic utama pemberontak ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di kota Aleppo. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG