Tautan-tautan Akses

Serangan terhadap Masjid Syiah di Kabul, 5 Orang Tewas


Dua polisi Afghanistan siaga mengamankan lokasi masjid Syiah di Kabul, Afghanistan pasca serangan hari Selasa (11/10) malam.

Dua polisi Afghanistan siaga mengamankan lokasi masjid Syiah di Kabul, Afghanistan pasca serangan hari Selasa (11/10) malam.

Serangan yang dilakukan tiga orang bersenjata atas sebuah masjid Syiah di Kabul, Afghanistan Selasa (11/10) malam, menewaskan sedikitnya lima orang.

Setidaknya tiga orang bersenjata berseragam militer Afghanistan menyerbu sebuah masjid Syiah dan melepaskan tembakan di ibukota Kabul Selasa malam, menewaskan sedikitnya lima orang. Korban termasuk di antara ratusan orang yang sedang menghadiri acara Muharram di masjid itu.

Saksi mata menyatakan telah mendengar ledakan juga. Seorang saksi mata mengatakan kepada saluran TV Tolo Berita Afghanistan bahwa salah satu penyerang meledakkan dirinya sementara seorang lainnya ditembak mati oleh pasukan keamanan. Penyerang ketiga tampaknya masih bersembunyi di dalam masjid di kawasan Kart-e-Sakhi bersama sejumlah sandera.

Beberapa ambulans berada di luar masjid untuk mengangkut korban luka segera setelah mereka bisa dievakuasi.

Selasa adalah hari kesembilan Muharram, bulan pertama penanggalan Islam. Syiah di seluruh dunia mengambil bagian dalam prosesi dan berkumpul dalam kelompok besar untuk berkabung atas pembunuhan cucu Muslim Nabi Muhammad yang beragama Islam pada tanggal 9 dan 10 bulan ini.

Keamanan diperketat di kota sebelum terjadi serangan. Pemerintah Afghanistan telah meminta masyarakat Syiah untuk tidak mengadakan prosesi besar di jalan-jalan tetapi untuk berkumpul dalam masjid atau tempat suci mereka karena takut terjadi serangan. [sp]

XS
SM
MD
LG