Tautan-tautan Akses

Pentagon: Serangan AS di Yaman Tewaskan Puluhan Teroris al-Qaida


Warga di Sana'a, Yaman, memeriksa kerusakan akibat serangan udara yang dipimpin koalisi Saudi (27/2). (AP/Hani Mohammed)

Warga di Sana'a, Yaman, memeriksa kerusakan akibat serangan udara yang dipimpin koalisi Saudi (27/2). (AP/Hani Mohammed)

Kelompok teror itu memanfaatkan pertempuran dan kekacauan serta pertikaian politik di Yaman untuk merebut wilayah dan melancarkan serangan-serangan teror.

Departemen Pertahanan AS alias Pentagon, hari Selasa (22/3), mengatakan serangan udara atas sebuah kamp pelatihan al-Qaida di Yaman menewaskan puluhan teroris.

Juru bicara Pentagon Peter Cook mengatakan, “serangan ini menjadi pukulan bagi kemampuan AQAP (al-Qaida di Semenanjung Arab) untuk menggunakan Yaman sebagai pangkalan untuk melakukan serangan-serangan yang mengancam personel Amerika, dan menunjukkan komitmen kita untuk melawan al-Qaida dan menghancurkan tempat perlindungannya."

Cook mengatakan 70 lebih teroris sedang mengadakan latihan di kamp itu dan para pakar masih meneliti hasil-hasil serangan udara itu. Tapi ia mengatakan hasil awal menunjukkan puluhan anggota al-Qaida tewas.

Para pejabat Amerika menganggap AQAP paling berbahaya dari semua afiliasi dan cabang al-Qaida.

Kelompok teror itu memanfaatkan pertempuran dan kekacauan serta pertikaian politik di Yaman untuk merebut wilayah dan melancarkan serangan-serangan teror. [my/ii]

XS
SM
MD
LG