Tautan-tautan Akses

Serangan Pemberontak di Aleppo, 74 Sipil Dilaporkan Tewas


Suasana di wilayah Darat Izza, provinsi Aleppo seusai serangan udara yang dilancarkan Rusia, 9 Oktober 2016 (Foto: dok).

Suasana di wilayah Darat Izza, provinsi Aleppo seusai serangan udara yang dilancarkan Rusia, 9 Oktober 2016 (Foto: dok).

Kelompok-kelompok oposisi telah mendapat kecaman yang meningkat atas penembakan artileri yang membabi-buta terhadap Aleppo barat yang mengakibatkan jatuhnya korban sipil.

Pemantau hak azasi oposisi Suriah mengatakan sedikitnya 74 orang sipil, termasuk 25 anak-anak, tewas dalam serangan pemberontak yang sudah berlangsung selama delapan hari terhadap daerah kota Aleppo yang dikuasai pemerintah.

Laskar oposisi melancarkan serangan yang berkepanjangan terhadap pinggir barat Aleppo yang dikuasai pemerintah, yang bertujuan untuk mematahkan kepungan pemerintah yang sudah berbulan-bulan terhadap bagian timur kota itu yang mereka kuasai.

Kelompok-kelompok oposisi telah mendapat kecaman yang meningkat atas penembakan artileri yang membabi-buta terhadap Aleppo barat yang mengakibatkan jatuhnya korban sipil. Kelompok pemantau tadi mengatakan hari Sabtu dalam dalam periode yang sama mereka mencatat tiga orang sipil tewas di daerah-daerah Aleppo yang dikuasai pemberontak.

Sementara itu, penghentian sementara serangan udara Rusia terhadap daerah-daerah Aleppo yang dikuasai pemberontak telah berakhir. Tidak ada dari kira-kira 275 ribu penduduk daerah itu telah mengungsi, walaupun telah didesak oleh pejabat Rusia dan Suriah. [gp]

XS
SM
MD
LG