Tautan-tautan Akses

Seperempat Negara Bagian AS Menjadi Faktor Kunci Pemilu


Negara-negara bagian yang disebut "battleground states" atau penentu dalam pemilihan presiden 2012. (Foto: Dok)

Negara-negara bagian yang disebut "battleground states" atau penentu dalam pemilihan presiden 2012. (Foto: Dok)

Tiga belas negara bagian di AS, yang disebut "battleground states" akan menjadi penentu dalam pemilihan presiden mendatang.

Amerika Serikat memiliki 50 negara bagian tetapi pemilihan presiden tampaknya akan diputuskan oleh hanya seperempat dari ke-50 negara bagian itu.

Seperempat negara bagian itu kerap disebut “battleground states” atau negara bagian di mana pertarungan berlangsung sengit, yang menurut beberapa jajak pendapat para pemilih terbagi antara suara untuk Presiden Barack Obama atau untuk penantang dari Partai Republik Mitt Romney – yang pernah menjadi pengusaha kapitalis ventura.

Dari pemilihan umum ke pemilihan umum lainnya, seperempat negara bagian ini kadangkala mengalihkan dukungan mereka pada kandidat dari Partai Demokrat dan Partai Republik, baik untuk jabatan presiden maupun anggota Kongres.

Pemilih di seluruh Amerika kini bersiap-siap menentukan pilihan menjelang pemilu 6 November, dimana warga di beberapa negara bagian mulai memberikan suara berdasarkan aturan pemberian suara awal. Tetapi para analis yang mengamati pertarungan ini dengan cermat mengatakan, hasilnya tampaknya tergantung pada 13 negara bagian saja.
XS
SM
MD
LG