Tautan-tautan Akses

Separatis Ukraina: Kyiv Bertanggung Jawab atas Jatuhnya Penerbangan MH17


Aparat Kementerian Darurat Ukraina di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 di desa Grabovo, provinsi Donetsk.

Aparat Kementerian Darurat Ukraina di lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 di desa Grabovo, provinsi Donetsk.

Di stasiun televisi pemerintah Rusia, pemimpin separatis Ukraina menyatakan pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh oleh pasukan militer Ukraina.

Pemimpin separatis Ukraina Aleksander Borodai menyalahkan pasukan pemerintah Ukraina atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17.

Pesawat Boeing 777 yang bertolak dari Amsterdam dengan tujuan Kuala Lumpur tersebut disebut jatuh ditembak. "Ternyata, itu adalah pesawat penumpang yang ditembak jatuh oleh Angkatan Udara Ukraina," ujar Borodai di Rossiya, stasiun TV 24 jam milik pemerintah Rusia.

Sementara, Kyiv telah menolak dugaan militer Ukraina bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Malaysia tersebut.

Pejabat kementerian dalam negeri Ukraina, Anton Gerashchenko, mengatakan pesawat itu ditembak sebuah rudal darat-ke-udara.

Kantor berita Rusia Interfax mengutip "sebuah sumber dari kalangan penerbangan" mengatakan pesawat itu jatuh di dekat kota Snizhne di Ukraina timur, yang terletak di dekat perbatasan Rusia dan menjadi tempat pertempuran sengit antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis pro-Rusia.

Sebuah serangan udara di daerah tersebut awal pekan ini menewaskan 11 orang. Belum jelas siapa yang melakukan serangan itu; pemberontak menyalahkan angkatan udara Ukraina.

Sewaktu kecelakaan pesawat itu dilaporkan hari Kamis, separatis pro-Rusia mengklaim menembak jatuh pesawat angkut militer An-26 Ukraina di kota Torez, sekitar 10 km dari kota Snizhne. Hari Senin, pesawat militer An-26 Ukraina ditembak jatuh di wilayah Luhansk, Ukraina timur.

Separatis pro-Rusia mengaku bertanggung jawab atas penembakan rudal ke pesawat Sukhoi-25 Ukraina di Ukraina timur hari Rabu. Pilot pesawat itu berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. Juga hari Rabu, militer Ukraina mengatakan pesawat jet tempur Rusia menembak jatuh pesawat Sukhoi-25 Ukraina yang terbang di atas Ukraina timur, tetapi pilotnya berhasil menyelamatkan diri.

Bekas penerbang Angkatan Udara Inggris, David Learmount dan kini konsultan Reed Buiness Information mengatakan, pihak yang berperang biasanya tidak khawatir dengan pesawat sipil di wilayah mereka.

"Tidak banyak sikap hati-hati yang dilakukan di zona perang. Yang harus berhati-hati justru perusahaan penerbangan. Pesawatnya tidak terbang di sana. Namun, Ukraina timur tidak dianggap zona perang saat ini," ujar Learmont.

Beberapa jam sesudah insiden, perusahaan penerbangan mulai mengatakan akan menghindari wilayah udara Ukraina. Menurut Learmount, pilot pesawat sipil tidak akan mendapat peringatan pesawatnya sedang terancam. Misalnya pada tahun 2001 Ukraina tidak sengaja menembak jatuh pesawat penumpang Russia dalam latihan militer. Misil yang dipakai ditujukan terhadap satu sasaran di udara tetapi membelok menghantam pesawat tersebut karena lebih besar.

Paling tidak ada tiga lagi insiden penembakan jatuh pesawat komersial: Soviet menembak jatuh pesawat penumpang Korea Selatan tahun 1978 dan 1983 karena menyasar ke wilayah udara Soviet. Dan kapal Angkatan Laut Amerika keliru menembak jatuh pesawat jet penumpang Iran tahun 1988.

Insiden penembakan jatuh pesawat Malaysia Airlines hari Kamis terjadi empat bulan sesudah maskapai penerbangan itu kehilangan satu pesawat penumpangnya tidak lama setelah meninggalkan Kuala Lumpur. Pesawat ini diduga jatuh di Samudera Hindia meskipun bangkainya masih belum ditemukan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG