Tautan-tautan Akses

Separatis Ukraina Diminta Taati Gencatan Senjata


Warga antri untuk memperoleh bantuan kemanusiaan di kota Debaltseve, Donetsk, 13 Maret 2015 (Foto:REUTERS/Marko Djurica).

Warga antri untuk memperoleh bantuan kemanusiaan di kota Debaltseve, Donetsk, 13 Maret 2015 (Foto:REUTERS/Marko Djurica).

Wakil Presiden Amerika Joe Biden dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyambut baik penyaluran tahap pertama bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF) bagi Ukraina.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko meminta separatis dukungan Rusia di bagian timur Ukraina agar sepenuhnya menjalankan kesepakatan gencatan senjata.

Dalam percakapan telpon hari Sabtu, Biden dan Poroshenko membahas kesepakatan hasil mediasi Uni Eropa itu yang ditandatangani di Minsk, ibukota Belarusia. Kesepakatan itu menuntut Ukraina dan separatis agar menarik mundur persenjataan berat, memberi akses bagi pemantau internasional dan saling menukar semua tahanan.

Keduanya juga menyambut baik penyaluran tahap pertama bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF) bagi Ukraina, menurut pernyataan Gedung Putih hari Sabtu.

Pihak pemantau internasional sebelumnya menuduh pemberontak melanggar kesepakatan gencatan senjata tersebut. Mereka juga mengancam akan menjatuhkan lebih banyak sanksi atas Rusia, yang dituduh mempersenjatai separatis itu.

Presiden Poroshenko hari Jumat mengatakan ketegangan sudah berangsur-angsur mereda di kawasan timur negaranya.

XS
SM
MD
LG