Tautan-tautan Akses

Separatis Pro Rusia Bebaskan Lebih Banyak Tahanan Ukraina


Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Kyiv, Ukraina (Foto: dok).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko di Kyiv, Ukraina (Foto: dok).

Kantor berita Rusia, Interfax, melaporkan bahwa separatis membebaskan tiga anggota tentara Ukraina dan satu warga sipil Sabtu (27/12) tanpa disertai pembebasan tahanan pembrontak.

Dinas keamanan Ukraina mengatakan separatis pro Rusia telah membebaskan empat tahanan Ukraina lagi sebagai bagian dari sebuah pertukaran tahanan.

Sebuah pernyataan Ukraina mengatakan, empat tahanan yang dibebaskan Sabtu (27/12) termasuk tiga warga sipil dan seorang anggota militer Ukraina.

Secara terpisah, kantor berita Rusia, Interfax, melaporkan bahwa separatis membebaskan tiga anggota tentara Ukraina dan satu warga sipil Sabtu (27/12) tanpa disertai pembebasan tahanan pembrontak.

Pembebasan ini menyebabkan jumlah tahanan Ukraina yang dibebaskan menjadi 154 dalam dua hari terakhir.

Pada Jumat (26/12), 146 tentara Ukraina dibebaskan dan sebagai imbalannya, 222 tahanan pembrontak dibebaskan oleh fihak Ukraina, sehingga menjadikan pertukaran tahanan ini yang terbesar sejak pembrontakan April lalu.

"Sebagai Presiden dan warga negara biasa, saya sangat bahagia saat ini. Seperti janji saya, Anda dapat merayakan tahun baru bersama keluarga dan teman-teman militer. Ini merupakan hal yang telah kita nati-nantikan sejak lama," demikian sambutan Presiden Ukraina Petro Poroshenko yang segera disambut para mantan tahanan dengan yel yel "Hidup Ukraina! Hidup para pahlawan (Ukraina)!".

XS
SM
MD
LG