Tautan-tautan Akses

Seoul Tunggu Tanggapan Pyongyang Soal Perundingan Nuklir


Perunding Nuklir Korea Selatan, Lim Sung Nam (foto: dok).

Perunding Nuklir Korea Selatan, Lim Sung Nam (foto: dok).

Perundingan Nuklir Seoul dan Pyongyang sudah melewati dua babak awal, dan menunggu saat yang tepat untuk dimulai kembali.

Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan dua babak pembicaraan dengan Korea Utara telah membuat Pyongyang memiliki pemahaman lebih baik mengenai apa yang harus dilakukan untuk memulai kembali pembicaraan enam pihak.

Pejabat senior Korea Selatan yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan kepada sekelompok wartawan hari Selasa (8/11) bahwa Korea Selatan bertujuan untuk memulai kembali pembicaraan internasional itu dalam kondisi yang tepat.

Ia mengatakan Korea Utara kini memiliki pemahaman yang jauh lebih jelas mengenai apa yang harus dilakukan supaya perundingan dapat terlaksana, dan saat ini bola berada di pihak Pyongyang.

Pejabat tersebut menolak berspekulasi mengenai kapan Pyongyang akan memberi tanggapan mengenai hal itu, seraya menyatakan bahwa perunding nuklir negara itu baru kembali dari pembicaraan tersebut pekan lalu. Menurutnya, para pemimpin Korea Utara memerlukan waktu untuk mencerna apa yang sudah dibahas dalam pembicaraan tersebut.

XS
SM
MD
LG