Tautan-tautan Akses

Seoul Desak Pyongyang Bebaskan 2 Tahanan Korea Selatan


Seorang pria di Seoul menonton berita televisi mengenai dua pria Korea Selatan yang ditahan di Korea Utara (27/3). (AP/Ahn Young-joon)

Seorang pria di Seoul menonton berita televisi mengenai dua pria Korea Selatan yang ditahan di Korea Utara (27/3). (AP/Ahn Young-joon)

Kedua orang itu ditahan tahun lalu atas tuduhan mengumpulkan informasi rahasia mengenai militer Korea Utara, partai yang berkuasa dan organisasi-organisasi pemerintah lainnya.

Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk segera membebaskan dua warga negaranya yang ditahan di negara itu atas tuduhan melakukan aksi mata-mata, yang terbaru dalam serangkaian penangkapan warga asing di Korea Utara.

Media pemerintah Korea Utara mengatakan, Kamis (27/3), kedua orang itu ditahan tahun lalu atas tuduhan mengumpulkan informasi rahasia mengenai militer Korea Utara, partai yang berkuasa dan organisasi-organisasi pemerintah lainnya.

Korea Utara mengidentifikasi kedua pria itu sebagai Kim Kuk Gi dan Choe Chun Gil, dan mengatakan keduanya mengaku dalam sebuah konperensi pers di Pyongyang bahwa mereka berusaha mengumpulkan informasi mengenai kepemimpinan Korea Utara, menciptakan kerusuhan ekonomi dengan menyebarkan uang palsu, dan mengedarkan publikasi yang meresahkan publik.

Hari Jumat, Lim Byeong Cheol, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengukuhkan bahwa Kim dan Choe adalah warga negara Korea Selatan namun membantah mereka terlibat salam operasi spionase. Para pejabat kementerian itu tidak bisa menjelaskan mengapa keduanya berada di Korea Utara.

Bantahan serupa disampaikan Dinas Intelijen Nasional Korea Selatan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG