Tautan-tautan Akses

Seoul Akui Pertemuan Rahasia dengan Korea Utara di Beijing


Menteri Unifikasi Hyun In-taek memberikan penjelasan di depan parlemen Korea Selatan.

Menteri Unifikasi Hyun In-taek memberikan penjelasan di depan parlemen Korea Selatan.

Menteri Unifikasi Hyun In-taek mengkonfirmasi pertemuan tersebut , tetapi menolak rincian penjelasan Pyongyang soal pertemuan itu.

Korea Selatan telah mengakui bahwa pejabat-pejabatnya menghadiri pertemuan rahasia dengan pejabat-pejabat Korea Utara di Beijing, tetapi menolak rincian dalam penjelasan Pyongyang mengenai pertemuan itu.

Menteri Unifikasi Hyun In-taek ditanya tentang pertemuan tersebut di parlemen hari Kamis, sehari setelah kantor berita resmi Korea Utara KCNA memberikan penjelasan tentang pertemuan bulan lalu itu.

KCNA mengatakan hari Rabu bahwa Korea Selatan "memohon" kepada Korea Utara agar berpartisipasi dalam tiga pertemuan puncak dalam waktu 10 bulan ke depan. Tetapi Hyun mengatakan tujuan sebenarnya dari pertemuan itu adalah untuk memperoleh permintaan maaf dari Pyongyang atas dua serangan militer yang menewaskan 50 orang tahun lalu.

Korea Selatan telah mendesak selama berbulan-bulan agar Korea Utara meminta maaf atas serangan-serangan itu sebelum langkah-langkah dapat diambil untuk meredakan ketegangan antara kedua negara.

XS
SM
MD
LG