Tautan-tautan Akses

Seorang Penambang Chili Diijinkan Pulang dari Rumah Sakit


Pedro Cortez saat tiba di rumah sakit Copiapo, Chili. Pedro adalah orang pertama dari 33 pria yang berhasil diselamatkan dari tambang yang runtuh.

Pedro Cortez saat tiba di rumah sakit Copiapo, Chili. Pedro adalah orang pertama dari 33 pria yang berhasil diselamatkan dari tambang yang runtuh.

Menteri Kesehatan Chili, Jaime Manalich, mengatakan ke-33 penambang itu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Seorang pejabat tinggi Chili mengatakan orang tersehat dari 33 pria yang diselamatkan dari tambang tembaga dan emas yang runtuh boleh meninggalkan rumah sakit hari Kamis waktu setempat.

Menteri Kesehatan Chili, Jaime Manalich, mengatakan para penambang itu dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Katanya seorang penambang dirawat karena radang paru-paru tapi penambang lain umumnya dalam kondisi baik.

Liputan di seluruh dunia terhadap operasi penyelamatan yang dramatis dan rumit itu telah membuat para penambang itu bagaikan selebriti internasional. Dilaporkan, mereka telah menerima tawaran pekerjaan, dan penulisan buku serta pembuatan filem juga dipertimbangkan. Hadiah juga telah dikirimkan kepada mereka oleh kepala perusahaan komputer Apple, Steven Jobs, dan oleh tim-tim sepak bola internasional.

Presiden Sebastian Pinera, yang berada di lokasi terus menerus selama operasi penyelamatan di dekat kota Copiapo dan menyambut setiap penambang yang muncul di permukaan tanah, telah mengundang mereka ke resepsi di istana presiden di ibukota, Santiago.

Para pejabat pemerintah Chili mengatakan, operasi penyelamatan itu menelan biaya sekitar 20 juta dolar.

XS
SM
MD
LG