Tautan-tautan Akses

Seorang Lagi Pemeluk Budha Tibet Bakar Diri di Tiongkok


Para biksu Tibet melakukan doa di New Delhi, India (20/10) sebagai solidaritas atas penganut Budha yang ditindas Tiongkok di provinsi Sichuan.

Para biksu Tibet melakukan doa di New Delhi, India (20/10) sebagai solidaritas atas penganut Budha yang ditindas Tiongkok di provinsi Sichuan.

Insiden itu merupakan aksi bakar diri yang ke 10 oleh para pemrotes beragama Budha di provinsi Sichuan, Tiongkok tenggara tahun ini.

Kelompok warga Tibet terkenal di pengasingan hari Selasa mengatakan seorang pemeluk Budha Tibet membakar diri di Tiongkok tenggara dalam aksi pengorbanan diri paling baru untuk memprotes kekuasaan Tiongkok di kawasan itu.

Insiden yang dilaporkan oleh Pusat Tibet bagi HAM dan Demokrasi itu merupakan pembakaran diri ke 10 oleh para pemrotes beragama Budha di provinsi Sichuan tahun ini.

Kelompok itu mengatakan protes terbaru itu terjadi di biara Kardze sekitar 150 kilometer dari biara Kirti dimana sembilan aksi bakar diri sebelumnya terjadi.

Para saksi mengatakan biarawan ((Dawa Tsering)) membakar diri sambil menyerukan kembalinya pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dari pengasingan dan penyatuan kembali rakyat Tibet. Kondisi biarawan itu tidak diketahui.

Aksi pengorbanan diri itu dimulai setelah pihak berwenang di Tiongkok memerintahkan pelarangan kebebasan beragama dengan memaksa para biksu mengikuti program pendidikan ulang. Mereka memaksa para biksu mengecam Dalai lama dan mempelajari komunisme.

Para biksu melakukan protes dan pihak berwenang Tiongkok menempatkan pos-pos polisi di beberapa biara dan mematikan aliran air dan di listrik di biara-biara lainnya.

XS
SM
MD
LG