Tautan-tautan Akses

Seorang Lagi Diplomat Iran Membelot di Eropa


Hossein Alizadeh, diplomat yang membelot kemarin di Finlandia. Sehari setelahnya, Farzad Farhangian mengikuti jejak Alizadeh di Norwegia.
Hossein Alizadeh, diplomat yang membelot kemarin di Finlandia. Sehari setelahnya, Farzad Farhangian mengikuti jejak Alizadeh di Norwegia.

Farzad Farhangian meletakkan jabatannya di Brussels pekan lalu dan terbang ke Oslo, Norwegia, di mana ia memohon suaka politik.

Seorang lagi diplomat Iran membelot di Eropa sebagai protes atas penindakan Teheran terhadap oposisi. Ini menjadiakan diplomat tersebut, Farzad Farhangian, sebagai diplomat ketiga yang membelot saat bertugas di luar negeri.

Farhangian meletakkan jabatannya di Brussels pekan lalu dan terbang ke Oslo, Norwegia, di mana ia memohon suaka politik.

Pada hari Senin, diplomat Iran lainnya, Hossein Alizadeh, mengatakan ia akan memohon suaka politik di Finlandia, setelah meletakkan jabatan di kedutaan Iran di Helsinki. Alizadeh mengatakan ia meletakkan jabatan karena penindakan oleh pemerintah Iran terhadap warga yang memrotes terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad

Sementara itu, pada bulan Januari lalu, Mohammed Reza Heydari meninggalkan jabatannya di Norwegia sebagai protes terhadap pemerintah Iran. Norwegia telah memberinya suaka politik.

Pemilu yang disengketakan tersebut tahun lalu disusul dengan protes anti-pemerintah selama berbulan-bulan. Demonstrasi di jalan-jalan menyebabkan penangkapan besar-besaran dan penindakan terus-menerus oleh pemerintah.

XS
SM
MD
LG