Tautan-tautan Akses

Seorang Blogger Tewas Dibunuh di Bangladesh


Jenazah blogger Avijit Roy, yang juga tewas akibat dibacok dengan parang, dalam upacara pemakaman di Dhaka, Bangladesh (1/3).

Jenazah blogger Avijit Roy, yang juga tewas akibat dibacok dengan parang, dalam upacara pemakaman di Dhaka, Bangladesh (1/3).

Seorang blogger, Washiqur Rahman, hari Senin (30/3) secara brutal dibacok dengan parang sampai mati oleh tiga pria di Dhaka, ibukota Bangladesh.

Polisi menangkap dua dari ke-tiga tersangka yang menurut polisi adalah mahasiswa sebuah perguruan agama Islam di sana.

Seorang pejabat polisi mengatakan tersangka telah menarget blogger Washiqur Rahman, karena tulisan-tulisannya yang anti-Islam.

Dalam beberapa tahun ini telah terjadi serangkaian serangan terhadap para penulis independen yang telah mendukung nilai-nilai pemikiran bebas di Bangladesh yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Sebelumnya, Avijit Roy, seorang blogger Bangladesh-Amerika terkemuka, yang tulisan-tulisannya menentang fundamentalisme agama, juga dibacok dengan parang sampai mati di Dhaka bulan lalu.

Organisasi Wartawan Tanpa Tapal Batas atau Reporters Without Borders menempatkan Bangladesh pada peringkat ke-146 di antara 180 negara dalam pemeringkatan kebebasan pers tahun lalu.

XS
SM
MD
LG