Tautan-tautan Akses

Seniman Tiongkok Yang Hilang Dihormati di Inggris


Seniman Tiongkok Ai Weiwei. (foto: dok)

Seniman Tiongkok Ai Weiwei. (foto: dok)

Masyarakat seniman Inggris menunjukkan dukungan pada Ai Weiwei dengan melaksanakan pameran yang direncanakan

Para seniman Inggris dan pendukung lainnya menghormati seniman Tiongkok yang ditahan Ai Weiwei dengan pembacaan hikmat karya-karyanya pada pembukaan pameran di London hari Rabu.

Gwyn Miles, direktur Somerset House Trust dimana pameran 12 patung diadakan, mengatakan masyarakat seniman Inggris menunjukkan dukungannya pada Ai dengan melaksanakan pameran yang direncanakan.

Seniman itu, yang hilang ke dalam tahanan polisi sebulan lalu, sebelumnya mengecam penguasa Partai Komunis Tiongkok, dan menyerukan reformasi politik. Amerika Serikat dan negara-negara lain telah mendesak pembebasannya.

Pihak berwenang Tiongkok mengatakan ia dicurigai melakukan kejahatan ekonomi. Ai termasuk di antara banyak seniman,wartawan, aktivis hak azasi, dan pengacara yang ditangkap di Tiongkok tahun ini dalam penindakan atas kritikan. Banyak analis politik Asia mengatakan penindakan tampaknya dimaksudkan untuk memastikan kebangkitan anti-pemerintah yang melanda Timur tengah tahun ini tidak menyebar ke Tiongkok.

Patung karya Ai berupa kepala 12 binatang dalam horoskop Tiongkok sekarang sedang dalam pameran keliling ke banyak negara.

XS
SM
MD
LG